Home » , » Cyber Defense Sangat Penting Untuk Negara

Cyber Defense Sangat Penting Untuk Negara

Posted by Mbs Blog on Thursday 25 April 2013

Cyber Defense Sangat Penting Untuk Negara
BERITA TERBARU, JAKARTA - Ketersediaan akses telekomunikasi dan internet yang kian meningkat telah menjembatani masyarakat untuk tetap terhubung. Termasuk dari segi kultur, pendidikan, perekonomian hingga pertahanan suatu negara. Akan tetapi, pertukaran data dan informasi rupanya dapat mempengaruhi keamanan hidup serta kestabilan ekonomi suatu negara.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menyadari bahwa hampir semua informasi dan data melintasi dunia cyber setiap harinya. Hal ini bisa menjadi rentan apabila beberapa pihak tidak bertanggung jawab dapat menjadikan kegiatan ini sebagai tambang data bagi kegiatan cyber-defense, cyber-crime, cyber-terrorism, cyber-spionase, cyber-war dan cyber-intelligance.

"Setiap hari jumlah cyber-attack yang terpantau rata-rata mencapai 200 ribu serangan. Ditambah lagi, setiap tahunnya muncul satu oklusi dan ancaman non-militer yakni cyber-walfare. Tugas Kemenhan adalah mencegah cyber attack sampai menyentuh kedaulatan negara dan keselamatan bangsa," kata Menteri Pertahanan RI, Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc, MA., PhD.

Oleh karena itu, salah satu bentuk dukungan nyata untuk mengantisipasinya, Kemenhan menyelenggarakan Cybercontest ICrOSS (Indonesia Creative Open Source Software) 2013.

"Kami berprinsip 'sedia payung sebelum hujan', di mana kita harus memiliki antisipasi sebelum ada aksi hacker yang membahayakan kedaulatan negara. Melalui pertemuan ini, kami ingin mengumpulkan para ahli TIK untuk bekerjasama dengan Kemenhan memerangi cyber-crime dan cyber-walfare," lanjutnya.

Saat ini, Kemenhan sedang berencana untuk menetapkan Liaison Officer (LO) terkait cyber-defense dengan seluruh Kementerian di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk memantau keamanan cyber di masing-masing kementerian.

Selain itu, Kemenhan juga sedang menyusun regulasi cyber-defense nasional. Rencananya, unit Cyber Kemenhan akan bekerjasama dengan ID-SIRTII di bawah Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk memantau jumlah cyber-malware yang dianggap mengancam kedaulatan negara.


0 comments:

Post a Comment

Sebagai Blogger yang Baik. Wajib di baca dan di taati
Aturan Berkomentar :

1. Berkomentar menggunakan bahasa yang enak didengar. Tidak Untuk
menyinggung perasaan orang Lain.
2. Berkomentar sesuai topik
3. Berkomentar menggunakan Keyword di anggap SPAM
5. Berkomentar Sesuai Kewajaran (NO SPAM,NO SARA, NO PORN*)
6. Hindari Penggunaan Link Aktif (Akan dihapus Otomatis)
7.Kalau Mau ngopy-paste artikel disini, Mohon Cantumkan/Berikan sumbernya.

Terima kasih !!